Tuesday, February 12, 2013

Gerakan Kebebasan Informasi Komunitas Anonymous

Posted by Unknown On 7:39 AM
Awal Serangan Anonymous ke Indonesia


            Bila menyimak kampanye Anonymous yang disampaikan via YouTube.com, dapat disimpulkan bahwa target serangan ini adalah Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi yang berbicara tentang penyensoran internet. Ini karena Anonymous menganggap bahwa terjadi penyensoran oleh Pemerintah Indonesia terhadap Rapidshare, Fileserve, dan ribuan situs yang lain.
            Akhirnya Anonymous mengajak siapa pun di Indonesia (khususnya yang merasa disensor) untuk menyerang via email ke semua domain name @depkominfo.go.id dan @kominfo.go.id.


Dampak Serangan Anonymous
            Berbagai target serangan Anonymous misalnya web werveremail serverfile serverdatabase server,application server (atau aneka server layanan) , serta nama domain, dan segmen alamat IP
            Pada 31 Juli 2011 Anonymous mempublikasi hasil retasan terhadap beberapa situs dan sistem informasi pemerintahan (Kementerian Kesehatan, Sistem Informasi Kepegawaian Kemenkes, Sistem Informasi Kepegawaian Daerah, dan Sistem Informasi Layanan Kepegawaian). Hasil retasan berupa file SQL dump database berisi situs dan SIM kepegawaian, dapat diakses di: http:// pastebin.com/SUVkOjMC.
            Lantas, bagaimana bila hal ini menyerang situs-situs penyedia pembayaran dan internet banking secara habis-habisan? Tentu saja hal ini pasti akan merugikan para user dan pemilik situs tersebut. Situs tidak dapat diakses dan penggunanya akan mengalami kesulitan untuk bertransaksi. Lalu apa jadinya ekonomi digital di Indonesia? Anda bisa menyimpulkan sendiri!


Anti Hacking
            Ada beberapa tip praktis yang dapat dipakai oleh pengguna awam untuk menghadapi ancaman ini:
1.  Tidak men-download aplikasi secara sembarang, karena aplikasi yang tidak jelas asal usulnya sangat rentan dipakai oleh core hacker untuk menyerang komputer kita untuk kemudian mengubahnya menjadi botnet untuk menyerang komputer pihak lain.
2.  Pasanglah antivirus dan firewall di komputer pribadi kita. Tujuannya agar komputer kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pembajakan komputer pribadi kita, penyalinan (copy) file yang ada di dalam komputer secara tidak sah, dan yang paling celaka nahas, komputer pribadi kita dipakai menjadi botnetsedangkan kita tidak mengetahuinya selama bertahun-tahun.
3.  Melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan komputer kita, terutama CPU dan network process. Bila grafik CPU dan network process tinggi, perlu dianalisis lebih dalam, apa saja yang dilakukan CPU tersebut. Hal ini bisa dilakukan oleh kita sendiri atau meminta tolong teknisi lain bila kita tidak bisa melakukannya.
4.  Tidak menjadi pendukung komunitas yang tidak jelas/sekadar ikut-ikutan saja. Bila kita beramai-ramai menyerang situs atau negara lain, lambat atau cepat kita akan tedeteksi dan bisa membawa kita terseret ke ranah hukum yang sebenarnya tidak kita kehendaki.
5.  Tidak coba-coba melakukan hacking ke pihak lain karena akan merugikan kita sendiri dan insititusi tempat kita berada. Sekali kita menjadi bad hacker, cap ini akan melekat terus pada diri kita.
6.  Menutup aneka port jaringan yang tidak perlu. Namun, mugkin akan dibutuhkan keahlian yang cukup untuk menutup aneka port ini.
7. Melakukan peningkatan pengetahuan (knowledge upgrade) terus menerus kepada SDM IT kita. Banyak hal yang bisa dikembangkan oleh SDM IT tetapi keterbatasan dana dan fasilitas akan menghambat mereka. Untuk itu perlu dukungan manajemen perusahaan dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam keamanan informasi. Peningkatan kemampuan dan ketrampilan akan menambah pengetahuan SDM dalam mengatasi berbagai insiden keamanan di masa yang akan datang.


Anonymous Hacker Part 1 : Perbedaan Hacker dan Craker?

http://dwcn20txit3om.cloudfront.net/wp-content/uploads/2011/08/hacker-Anonymous-520x303.jpg
 
pendapat dari Anonymous Hacker mengatakan bahwa:: Saya sedang  tertarik dengan keberadaan Anonymous Hacker yang konon katanya bagi orang awam adalah sekelompok 'Hacker Profesional'.
Mengapa saya beri tanda kutip?
Kadar keprofesionalan mereka masih dipergunjingkan, mereka memang hebat jelas beberapa website ternama telah dibobol. Tapi sebelum saya membahas lebih lanjut. Mungkin harus dipahami terlebih dahulu beberapa hal mengenai : Apasih Hacker itu?

hack
kb. 1 orang yang diupah untuk mengerjakan kerja-kerja kesusasteraan. 2 Inf.: taksi. -kkt. 1 menetak. memakuk, memarang. 2 melukai seseorang dengan kasar. Sl.: to h. around ngeluyur. hacking cough batuk pendek.

hehehe, itu hanya intermezzo arti hack dari laptop saya ..

Back to topick

Peretas (Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Etika hacker


Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/lubang di keamanan yang anda lihat.
Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh
selalu mengetahui kemampuan sendiri.
Selalu bersedia untuk secara terbuka/bebas/gratis memberitahukan& mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yangdihack.
Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.


Ada penjelasan lebih detail lagi mengenai hacker,

hacker di bagi menjadi :


Blackhat
Whitehat
Grey hat


White Hat ditujukan pada mereka yang membantu menemukan vulnerability disistem komputer dan kadang juga memberikan cara untuk mengatasinya..biasanya orang2 ini tergolong ke dalam security IT.( menggunakan untuk kebaikan).

Vulnerability merupakan suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses kedalam komputer yang dituju(target). Biasanya vulnerability adalah kelemahan yang dikarenakan kesalahan setting ataupun ataupun ketidaktahuan administrator.

Black Hat mengacu kepada orang yang melakukan exploitasi kelemahan sistem dengan tujuan mendapatkan informasi atau data secara ilegal,atau bahkan merusak seperti melakukan deface sistem,merubah password,modifikasi database.dan berbagai serangan lainnya seperti DOS(Denial Of Service)yang membuat sistem tidak berfungsi.

Serangan DoS (bahasa Inggris: denial-of-service attacks') adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

dos dan ddos itu beda.

Grey Hat bila dikatakan ini yang paling merusak seperti yang terdapat difilm2 Died Hard yang dapat mengendalikan pesawat,lampumerah sehingga menimbulkan kekacauan.may be hacker jenis ini kedepannya memang ada.tapi contoh yang sekarang adalah seperti pencurian ATM(carder) itu juga masuk ke bagian Grey hat.

tidak ada yang aman di dunia komputer jika ingin aman pakailah mesin ketik untuk mengetik(resiko: tangan pada benjol) atau main komputer tanpa lan itu juga masih bisa rentan dengan virus.. yang ada kita harus bisa hardening system komputer kita menjadi lebih baik.

Dalam dunia underground orang yang menjadi hacker biasanya melalui tahapan-tahapan seperti berikut:

1. Mundane Person
2. Lamer
3. Wannbe
4. Larva
5. Hacker

Adapun dilihat dari sisi keahliannya, terdapat dua jenis hacker yaitu:

1. Wizard
2. Guru

Karakter hacker itu sendiri dibagi menjadi dua yang lebih condong mengarah kepada sifat cracker yaitu:

1. Dark-side Hacker
2. Malicious (jahat) Hacker

Meskipun berdasarkan tahapannya Hacker sendiri merupakan tingkatan tertinggi, tetapi sebenarnya tidak mudah mengatakan bahwa Hacker merupakan tahapan paling akhir atau final karena selalu saja ada sesuatu hal baru untuk dipelajari atau ditemukan oleh seorang. Sehingga kemampuan seorang hacker satu dengan hacker lainnya pun bisa berbeda-beda.

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif(penghancuran, kadang mereka melakukan untuk melumpuhkan lawan sehingga persaingan bisnis bisa tak terkalahkan), biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data.dan juga jenis ini bisa tergolong dalam hacker yang bersifat grey hat & black hat yang membedakan adalah cara kerjanya. cracker lebih condong ke crack suatu lisensi,serial,password dan kode2 tertentu yg enscrypted.

Setelah melihat penjelasan di atas yang begitu panjangnya dari berbagai sumber.

Apakah sudah dapat ditarik kesimpulan anonymous itu masuk golongan hacker atau cracker?

Hacker = versi menguntungkan.
Cracker = versi merugikan.

Jawabannya :

Masih belum jelas.

Bersambung di Anonymous Part 2 ...

Sumber (http://hantammereka.blogspot.com/2012/08/anonymous-hacker-part-1.html#more)


Anonymous Hacker Part 2 : Hacker!

Mengulang sekilas dari posting saya yang Anonymous Hacker Part 1. Saya sempat membuat suatu pertanyaan pada diri saya sendiri, seperti ini:

Apakah sudah dapat ditarik kesimpulan anonymous itu masuk golongan hacker atau cracker?

Hacker = versi menguntungkan.
Cracker = versi merugikan.

Jawabannya :

Masih belum jelas.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh... bicara tentang sejarah mereka berarti membicarakan tentang latar belakang.
Tentunya mereka menurut saya, belum memiliki banyak sejarah karena kemunculan mereka juga belum lama.
Walau saya mengetahui benar, 1 detik yang kita lalui barusan itu termasuk dalam sejarah kita. hehe ..

Kalau begitu, apasih latar belakang mereka?

Setahu saya, mereka muncul karena dulu FBI sedang gencarnya melancarkan SOPA dan PIPA, yang saya pun pernah saksikan sendiri dimana salah satu blogger pun sempat kena blok tersebut. Bagaimana caranya kita bisa mengetahui bila di blok?

bisa dilihat muncul picture seperti ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyCYGbJvXC-nnxU3THnnUyWVD7LFi2YAZ7MYujMknHOMzmuol5b8Hz8B-mn7stHxIyCs1u3QDwo744jNS6p7t7A3ODGCHwRlG_C5nIXobuNTMhUZNJuPlTtFZ79_nSmhGeRpuChJ5vgO7o/s200/situs+yang+diblokir+karena+SOPA+dan+PIPA.jpg
http://emilylhauserinmyhead.files.wordpress.com/2012/01/content-blocked.jpg
http://thebrandbuilder.files.wordpress.com/2012/01/sopa.jpg?w=400&h=400
http://fc02.deviantart.net/fs70/f/2012/017/c/f/stop_sopa_pipa_by_obsidianlight23-d4mqdqz.png

SOPA dan PIPA ibarat terawangan masa depan yang suram, bagaimana tidak dilihat dari banyak sekali yang dirugikan. Para penikmat gratisan. hahaha.. Yah, internet tanpa gratisan apalah artinya .. Tidak ada esensi nikmatnya sama sekali.. Tapi bekas dari tindakan SO&PI tersebut, situ megaupload ditutup dan sangat amat merugikan member yang tak terhitung jumlahnya.

Penasaran tentang SOPA&PIPA bisa dibaca disini : www.kaskus.co.id (http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12606849) , Alhamdulillah sop dan pi tinggalah masa lalu.

Nah, salah satu latar belakang munculnya Anonymous Hacker, itu setahu saya karena mereka menjunjung tinggi hak asasi manusia. Saya setuju kira-kira 75%, nah, selebihnya kemana persenannya? Sebebas-bebasnya, saya masih memikirkan generasi saya ke depan, bagaimana bisa mereka menjadi generasi yang berkualitas super, jika belum sesuai umur sudah bisa melihat suatu hal yang tak semestinya. Pasti kalian tahu maksud saya.

Eh, tetapi sepertinya saya salah ..

Anon sebutan akrab mereka bersumpah akan melakukan serangan terhadap situs pedofil.

Anonymous hacker juga melakukan perang cyber terhadap situs yang mencemarkan image anak muda. kelompok aktivis hacker tersebut mengumumkanmelalui Pastebin file sharing situs yang berniat untuk menjatuhkan situs yang memfasilitasi berbagi gambar yang menggambarkan eksploitasi anak-anak muda. Dikutip dari anonymous's web mereka memberi pernyataan "Lately, there has been a surge of websites dedicated to paedophiles for chat, picture sharing, etc ... This is unacceptable and will not be tolerated."

Mereka bersumpah, bahwa "For the good of our followers, for the good of mankind, and for our own enjoyment we shall expel from the internet and systematically destroy any such boards that continue to operate."

Selain itu mereka juga menyerang situs, scinetology.org dengan 448 serangan DDOS, dengan ukuran rata-rata 15.000 paket/detik. Bisa dibaca lebih lanjut disini : scmagazine.com

Konon, Anon juga mempunyai rencana untuk menghancurkan facebook, tapi ntah itu berita benar atau tidak, yang pasti rencana tersebut dibatalakan dikarenakan salah satu anggota Anonymous mengklaim bahwa 'Operasi Facebook' merupakan wacana dari para anggota baru yang tidak sesuai dengan misi kelompok tersebut.

contoh seperti situs ini: www.ndroe.web.id (http://www.ndroe.web.id/) dan www.alteregostuff.com (http://www.alteregostuff.com/) . Situs itu hanya contoh, bukan Anon yang hack. (lamanya situs itu dihack dan menjadi non-aktif, tergantung adminnya yang mengurus).

Selain itu lagi, Anon juga pernah memperingat menkominfo. Berikut videonya :

sDSpLDN0uXA

Dear citizen of Indonesia,

We are anonymous.

Recently, your Ministry of Communications and Information Technology has been speaking about internet censorship in Indonesia. Over the last few years, we have witnessed the censorship taken by many government, such as blocking YouTube, rapid*share, Fileserve and thousands of other websites. Most recently, the government banned access to Google services. And now your government try to do the same things with your internet access. It is time that you, Anonymous, the people, stand up and show your government that this censorship will not be tolerated.

This month, use your email and send this message to any email with domain name @depkominfo.go.id and @kominfo.go.id

We are anonymous.
We are legion.
We do not forgive censorship.
We do not forget corruption.
Expect us.

Take your family, your friends and you relatives to do the same things. We, the people, have the significant power to create change, and it is time we demonstrate that power.

Tifatul don't touch our internet.

We, Anonymous, will not stand by and let this go unnoticed.
We will fight with the Indonesia people against your censorship plan.

These acts of censorship are inexcusable. The internet is a platform for freedom, a place where anyone and everyone can come together, discuss topics, and share information, without the fear of government interference.

You have been warned.

Expect us.

Masih banyak lagi peringatan-peringatan dari mereka untuk hal lainnya, walau begitu Anon hanyalah manusia biasa juga. Namanya manusia apa yang mereka lakukan selalu tidak dapat dipandang positif.

Namun bahwasanya, membuktikan suatu kebenaran itu lebih sulit daripada sekedar mengucap , beda dengan melakukan kejahatan dalam detik ini pun semua orang bisa melakukan. Nah, apakah hack itu cara yang salah atau benar. Tergantung pribadi sendiri yang mencerna dan menilai .. Semua berhak memiliki pendapat masing-masing.

Nah jika dilihat dari keterangan di atas, sekarang saya bisa sedikit mengambil kesimpulan dan mejawab pertanyaan ini:

Apakah sudah dapat ditarik kesimpulan anonymous itu masuk golongan hacker atau cracker?

Hacker = versi menguntungkan.
Cracker = versi merugikan.

Jawabannya :

Anon adalah hacker. Walau begitu disisi lain mereka menguntungkan suatu kaum namun disisi lain mereka juga merugikan kaum yang lain. Kaum-kaum yang dimaksud, pasti kalian mengerti sendiri.

Perlu diketahui, Etika hacker tidak ada yang namanya menghancurkan, paling tidak hanya "menguji" seberapa kuat keamanan situs tersebut dari serangan.

Bersambung di Anonymous Part 3 ...

Sumber (http://hantammereka.blogspot.com/2012/08/anonymous-hacker-part-2.html#more)

Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About